Peran Dokter Spesialis Bedah Saraf Yang Harus Anda Ketahui, Jangan Sampai Salah!

Sistem saraf adalah jaringan kompleks yang bertugas membawa pesan dari otak dan saraf tulang belakang menuju bagian tubuh lainnya. Dengan kerja saraf ini, tubuh menjadi bisa menjalankan fungsinya yaitu melihat, berjalan, berpikir, berbicara, mendengar, dan merasakan. Lalu apa saja peran dokter spesialis bedah saraf? simak penjelasan berikut:

  1. Melakukan Diagnosis Dan Evaluasi

Ahli bedah saraf bertugas mendiagnosis berbagai kondisi yang mempengaruhi otak, sumsum tulang belakang, dan saraf. Mereka menggunakan teknik diagnostik seperti MRI, CT scan, dan PET scan, serta melakukan pemeriksaan fisik dan neurologis untuk menilai fungsi saraf dan menentukan tingkat keparahan kondisi pasien.

  1. Perencanaan Dan Pelaksanaan Operasi

Setelah diagnosis, dokter spesialis bedah saraf merencanakan prosedur bedah yang sesuai untuk mengatasi masalah. Prosedur ini bervariasi, mulai dari pengangkatan tumor otak, disektomi (pengangkatan bagian dari diskus tulang belakang), dekompresi saraf, hingga operasi cedera otak traumatis.

  1. Pengobatan Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif seperti stenosis tulang belakang dan herniasi diskus sering kali membutuhkan campur tangan bedah guna mengurangi nyeri dan mengembalikan fungsi saraf yang terpengaruh.

Ahli dokter spesialis bedah saraf biasanya menerapkan teknik minimal invasif yang memungkinkan mereka untuk memperbaiki atau mengangkat jaringan yang rusak dengan presisi yang tinggi. Anda bisa berkunjung ke Dr Muhammad faris di National Hospital.

  1. Melakukan Bedah Fungsional

Pembedahan fungsional merupakan kategori prosedur bedah yang meliputi beberapa teknik, di antaranya adalah stimulasi otak dalam (deep brain stimulation) yang digunakan untuk mengatasi gangguan gerakan seperti penyakit Parkinson, serta bedah epilepsi yang bertujuan untuk mengendalikan kejang yang tidak merespons dengan baik terhadap pengobatan obat-obatan.

Dalam kedua prosedur ini, dilakukan penempatan perangkat khusus atau elektroda ke dalam area yang tepat di otak untuk memodulasi aktivitas saraf yang tidak normal.

  1. Rehabilitasi Dan Tindak Lanjut

Peran Dr Muhammad faris di National Hospital bedah saraf tidak hanya berakhir setelah prosedur operasi selesai dilakukan. Mereka terus aktif terlibat dalam proses rehabilitasi pasien, bekerja sama dengan para ahli fisioterapi serta anggota tim medis lainnya untuk menyediakan perawatan yang komprehensif dan terkoordinasi.

Sekian pembahasan mengenai peran dokter spesialis bedah saraf yang bisa Anda Andalkan untuk meringankan penyakit Anda. Jangan salah pilih dokter, lantaran dokter yang berkualitas akan menentukan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *