Categories Pipa Besi

Kelebihan Pipa Besi Schedule 40 Yang Harus Diketahui

Pipa besi sch 40 – Pada dasarnya setiap pipa akan mempunyai ukuran dan juga ketebalan yang berbeda-beda. Setiap ketebalan juga mempunyai kelebihan serta fungsinya masing-masing untuk berbagai macam kebutuhan konstruksi dalam perpipaan. Ukuran untuk ketebalan pada pipa yang sudah dipatenkan disebut dengan schedule atau sch. Istilah tersebut sudah ditetapkan oleh American National Standart Institute atau disebut juga dengan ANSI.

Tahan Terhadap Korosi

Baja adalah material utama yang digunakan dalam pembuatan pipa besi schedule 40. Oleh sebab itu, memiliki ketahanan yang baik dari korosi. Namun, untuk aplikasi di lingkungan maupun fluida yang cukup korosif sch 40 akan sering dilapisi dengan galvanis/zinc atau coated dengan pelapis khusus agar bisa meningkatkan proteksinya. Hal tersebut membuatnya jauh lebih ideal digunakan pada sistem air, pengolahan limbah maupun pembuangan limbah. 

Kuat dan Tahan dari Abrasi

Ketebalan pada dinding pipa besi schedule 40 akan memberikan ketahanan yang sangat baik dari tekanan internal dan juga deformasi fisik. Hal tersebut akan sangat bermanfaat pada pipa yang sering digunakan untuk mengangkut cairan maupun gas di tekanan yang tinggi maupun yang rentan dari benturan maupun gesekan. 

Pipa schedule 40 sangat tahan dari abrasi jika dibandingkan dengan pipa yang mempunyai dinding tipis. Inilah yang membuatnya cocok diaplikasikan seperti pipa slurry yaitu berupa campuran cairan dan juga partikel padat maupun pipa yang ada di lingkungan berpasir. 

Kompatibilitas dan Juga Fleksibel

Pipa sch 40 terdiri dari berbagai macam diameter serta panjang dan bisa dilakukan penyambungan dengan menggunakan berbagai macam metode seperti flensa, ulir maupun las. Hal ini akan memberikan fleksibilitas di dalam desain serta konstruksi pada sistem perpipaan. Materialisme baja yang digunakan juga sangat kompatibel dengan banyaknya material sambungan dan flensa untuk memperluas opsi dalam konfigurasi Anda. 

Lebih Ekonomis Jika Dibandingkan dengan Pipa Sch 80

Walaupun jenis pipa sch 40 mempunyai harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan pipa sch 20 maupun standar, tetapi biayanya juga relatif jauh lebih ekonomis bila dibandingkan dengan pipa sch 80 atau yang lebih tebal lagi. Inilah yang membuat pipa besi schedule 40 sering dijadikan sebagai pilihan paling ideal untuk diaplikasikan karena ketahanan dan juga tekanan di suhu tinggi sangat baik. Ketahanan yang ekstrim dari pipa schedule 80 tidak terlalu dibutuhkan. 

Memiliki Umur Panjang dan Mudah Melakukan Perawatan

Ketahanan yang dimiliki oleh pipa besi schedule 40 dari suhu, tekanan, abrasi, korosi dan secara keseluruhan akan meningkatkan masa penggunaannya. Pipa tersebut cenderung memerlukan perawatan minimal dan juga pergantian yang lebih jarang jika dibandingkan pipa yang memiliki dinding tipis maupun yang berbahan kurang bisa bertahan lebih lama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *