Categories Cat Tembok

4 Langkah Merawat Dinding dengan Cat Tembok Indoor Anti Jamur

Dinding Anda yang mulai menampakkan warna pudar dan adanya jamur melekat, pertanda harus mulai dirawat lebih ekstra. Dinding yang berjamur bukan disebabkan dari kualitas bahan dinding dan cornya yang buruk tetapi karena ada dasar bagian bawah tanah yang memiliki kelembaban tinggi sehingga air yang meresap naik (kapilaritas dinding) terjadi dalam jumlah kadar tinggi. Solusinya?

Cat tembok indoor anti jamur yang akan menyelesaikan permasalahan Anda.

Langkah Mudah Merawat Dinding Berjamur 

  • Amati Area Bawah Dasar Dinding

Penyebab utama dinding yang berjamur adalah adanya tingkat kelembaban tinggi di area lingkungan dan bawah tanah. Untuk itu, Anda cari dahulu area bawah tanah apakah dekat dengan sumber air atau ada genangan air yang lewat tetapi tidak diketahui. Perumahan minimalis biasanya dibangun di atas tanah persawahan sehingga cenderung mengandung air terdahulu lebih tinggi. Keluhan yang sering dialami pemilik perumahan adalah dinding yang mudah berjamur dan ada resapan air sehingga terasa dingin. 

  • Rontokkan Cat Terdahulu 

Apabila Anda telah mengetahui sumber kelembaban dinding maka segera atasi dengan mengalihkan sumber airnya atau membatasi dengan cor yang lebih kering. Setelah itu, Anda rontokkan cat dinding untuk melihat kondisinya, apakah telah masuk ke dalam cor semen atau hanya di permukaan atas dinding saja. Perontokkan cat dilakukan sebagai upaya pencegahan awal agar jamur tidak semakin meluas. Pastikan cat yang telah dirontokkan itu dibuat lebih kering agar nantinya mudah dicat ulang dengan cat tembok indoor anti jamur. 

  • Pakai Cat Baru yang Memiliki System Anti Jamur

Saat ini ada banyak produk cat anti jamur yang sangat bagus dan tahan hingga puluhan tahun. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi rumahnya. Pastikan memilih cat yang ramah lingkungan dan memiliki komposisi yang anti logam berat. Cat sendiri akan menguap ketika mulai kering, jangan sampai uap catnya malah menjadi racun bagi keluarga Anda ya!

  • Memberikan Cahaya Dalam Ruangan yang Berjamur Lebih Sering

Dengan memberikan cahaya baik lampu atau sinar matahari akan membuat ruangan lebih hangat dan menekan angka pertumbuhan jamur. Kelembaban tinggi bisa disekat dengan lingkungan yang kering dan panas. 

Efek Samping Membiarkan Dinding Berjamur Tanpa Tindakan Perawatan 

Dinding rumah yang berjamur terlalu lama akan merusak semen cor dan material bangunan. Sedikit demi sedikit nantinya rumah Anda bisa berlubang dan mudah retak. Untuk itu, perlunya merawat dinding rumah dari jamur minimal dengan memakai cat berkualitas walaupun harganya sedikit mahal. Rekomendasi cat anti jamur yang baik adalah cat yang tidak mengandung logam berat, tahan garam alkali, zero VOC dan pelekatan kuat.  

Pengecatan dengan cat tembok indoor anti jamur bisa dilakukan satu kali lapisan untuk jamur yang masih ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *