Categories Atap

Insulasi Atap: Semua Yang Perlu Diketahui

Insulasi atap adalah solusi cerdas untuk mengurangi suhu panas yang berasal dari atap. Sehingga, ruangan yang atapnya dipasangi insulasi menjadi lebih sejuk. Selain mengurangi suhu panas, atap insulasi juga berguna untuk meredam suara yang berasal dari luar ruangan pula, seperti suara rintik hujan yang mengenai atap.

Bagian-Bagian Insulasi Atap

Ada beberapa jenis insulasi untuk atap, namun yang paling banyak digunakan adalah insulasi termal aluminium foil. Insulasi ini hadir dalam bentuk lembaran yang terdiri dari dua lapisan utama. Lapisan pertama adalah aluminium foil itu sendiri, yang berfungsi untuk merefleksikan atau memantulkan panas matahari hingga 97%

Sehingga, suhu panas yang ada di dalam ruangan di bawah atap dapat berkurang hingga 45%. Sedangkan sebagai peredam suara, lapisan ini dapat mereduksi suara hingga 7db. Lalu, lapisan kedua adalah lapisan berongga. Umumnya, terdapat tiga bahan yang digunakan untuk lapisan kedua ini, yaitu glasswool, bubble pack, dan polyethylene.

Jika ingin mengurangi suhu panas, bahan bubble pack adalah pilihan terbaik. Namun, jika memprioritaskan untuk meredam suara, bahan polyethylene lebih direkomendasikan.

Cara Kerja Insulasi Atap

Atap biasa cenderung menyerap panas dan diteruskan ke dalam ruangan yang ada di bawahnya, sehingga ruangan terasa panas. Namun, dengan menggunakan insulasi atap, panas dari matahari akan dipantulkan, serta disimpan dalam lapisan kedua insulasi yang berongga. Sebagai hasilnya, ruangan yang berada di bawahnya pun terasa lebih sejuk.

Fungsi Insulasi Atap

  • Mengurangi Suhu Panas

Ini merupakan salah satu fungsi utama dari atap insulasi. Memasang insulasi pada atap dapat membantu menjaga suhu dalam ruangan tidak terlalu panas, sehingga hunian pun menjadi lebih nyaman.

  • Meredam Suara

Fungsi utama lainnya dari atap insulasi adalah sebagai peredam suara, baik dari luar maupun dari dalam. Hal ini karena insulasi mampu mereduksi suara dari kedua sisi bangunan. Fungsi ini tentunya sangat bermanfaat untuk Anda yang tinggal di area yang cukup berisik, atau memiliki studio dalam rumah sehingga tidak akan mengganggu tetangga.

Jadi, tertarik untuk memasang insulasi atap?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *