Categories Alat Masak

Cara Memilih Waffle Machine Yang Tepat

Roller grill waffle machine atau waffle maker adalah alat memasak yang cocok untuk kamu penggemar wafel. Waffle maker tersedia dalam berbagai macam pilihan di pasar, baik yang elektrik maupun yang non-elektrik atau menggunakan api kompor. Jika kamu bingung untuk memilih waffle maker yang sesuai, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Pertimbangkan Jenisnya

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat akan membeli waffle maker adalah memilih jenisnya, apakah yang elektrik atau non-elektrik. Roller grill waffle machine merupakan pilihan yang cocok untukmu yang ingin membuat wafel dengan praktis. Menggunakan daya listrik, kamu hanya perlu mencolokkan waffle maker ke sumber listrik, menuangkan adonan wafel ke dalamnya, nyalakan tombol, dan tunggu wafel hingga matang sempurna.

Namun, waffle maker elektrik umumnya membutuhkan daya listrik yang besar, yaitu sekitar 900 watts, terutama untuk membuat waffle yang crunchy dan fluffy. Meskipun begitu, saat ini sudah banyak dijual waffle maker dengan daya rendah di pasaran. Selanjutnya ada non-electric waffle maker atau biasa juga disebut dengan flip waffle maker.

Jenis waffle maker ini sesuai untukmu yang menginginkan cetakan wafel yang dapat dibawa kemana-mana, contohnya untuk berkemah. Menggunakan panas api kompor, waffle maker non-elektrik ini dilengkapi dengan handle untuk membalikkan wajan wafel, karena itulah disebut dengan flip waffle maker. Jenis roller grill waffle machine ini cukup tricky untuk digunakan karena kamu harus menyesuaikan besar kecilnya api agar wafel tidak gosong.

Pertimbangkan Fitur Browning Control

Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda tentang wafel kesukaan mereka. Beberapa menyukai wafel dengan warna golden brown atau kuning kecoklatan, sedangkan lainnya lebih suka wafel mereka berwarna sedikit lebih gelap. Karena itu, disarankan untuk memilih waffle maker yang dilengkapi dengan fitur browning control.

Dengan fitur ini, kamu dapat menentukan tingkat warna wafelmu. Kamu tinggal memutar kenop ke level cokelat yang diinginkan. Kalau kamu suka wafel golden brown, umumnya dibutuhkan suhu 180⁰C hingga 200⁰C.

Pilih yang Mudah Dibersihkan

Jika kamu memilih waffle maker elektrik, pilihlah yang mudah dibongkar pasang agar mudah dibersihkan secara maksimal. Sedangkan jika kamu lebih memilih cetakan wafel non-elektrik, pastikan bagian dalamnya dilapisi dengan bahan anti lengket sehingga adonan wafel tidak akan menempel dan mudah dibersihkan juga.

Aluminium dan baja adalah dua material yang paling banyak dipakai untuk membuat waffle maker. Waffle maker yang terbuat dari aluminium berbobot ringan, mudah digunakan, serta mudah dibersihkan karena permukaannya dilapisi fluorine. Sedangkan waffle maker baja umumnya cocok untuk dipakai kegiatan luar ruangan, namun cukup sulit dibersihkan.

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, jangan lupa untuk mempertimbangkan pula ukuran waffle maker. Sudah siap memilih roller grill waffle machine?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *