Categories Alat Masak

Kegunaan Pasta Machine Untuk Membuat Mie Kenyal Dan Enak

Bagi para ibu muda yang sedang semangat membuat menu sehat ala rumahan untuk si kecil dari bahan dasar tepung kemudian dibentuk menjadi pasta mie, pasta adonan kue atau pasta donat tentu butuh alat yang disebut dengan pasta machine. Dengan bantuan alat pasta atau pasta machine akan membuat kreasi menu masakan makin menarik.

Makin penasaran dengan pasta machine, dan kegunaannya, simak artikel ini yuk1

Apa Itu Pasta Machine?

Pasta machine atau mesin pasta adalah sebuah alat sederhana yang dibuat dengan gabungan susunan lempengan baja yang membentuk gerigi pada bagian tengahnya, dimana bentuk tersebut dapat membuat adonan pasta kering lunak menjadi sesuai keinginan. Pasta yang masuk nantinya akan keluar dalam bentuk bulat atau pipih dan panjang seperti mie gepeng.

Bagian sisi kanan ada gagang (handel) untuk memutar gilingan mesin melingkar atas bawah untuk menekan adonan menjadi lebih ringkas. Mesin pasta super keren terbuat dari bahan logam stainless yang mana sangat aman dan tidak korosi untuk sebagian sisi terdalamnya.

Kegunaan Pasta Machine

Pasta machine memberikan fungsi cukup mudah ketika adonan yang Anda bentuk tidak terlalu lumer lunak. Adonan setidaknya terdapat tekstur sedikit keras agar dapat dipegang kalis. Kemudian adonan pasta dibuat gepeng memakai stik kemudian dimasukkan ke dalam mesin pasta. Anda pegang handel dan putarlah, jangan lupa untuk memberikan wadah di bagian bawahnya.

Kegunaan secara umum, mesin pasta untuk membuat adonan mie, adonan pangsit, adonan lumpia, atau adonan kulit molen. Ada settingan atau pengaturan di bagian gerigi tengahnya agar hasil adonan tidak terlalu tipis sekali atau terlalu tebal sekali. Ada buku panduan untuk mengatur bagian geriginya ini, Anda bisa cek ya?

Jangan menggunakan pasta machine untuk menggiling adonan yang teksturnya sangat keras karena dapat merusak ketajaman geriginya. Semakin sering untuk menggiling adonan keras maka semakin aus dan lapisannya semakin menipis membuat hasilnya makin tebal.

Harga Pasta Machine

Anda yang tertarik memiliki pasta machine bisa memilikinya dengan mengunjungi toko alat dan bahan pembuat roti dengan spesifikasi yang berbeda. Kisaran harga alat cetak pasta Rp. 270.000 hingga Rp. 350.000 tergantung tipe. Alat pasta memiliki berat 2,65 kg, dimensi volumnya 20 cm x 20 cm x 15 cm. Sebelum membeli, Anda harus mencoba terlebih dahulu di toko agar saat di rumah tidak mencobanya dengan bahan yang terlalu keras teksturnya.

Pasta machine sangat berguna sekali untuk Anda yang sedang merintis usaha kecil-kecilan seperti molen pisang mini, mie ayam buatan sendiri dan kulit pangsit untuk dimsum. Dari alat yang terjangkau bisa menghasilkan banyak keistimewaan di rumah Anda. Tunggu apalagi, miliki pasta machine yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *