Categories Genteng Rumah

Atap Seng Spandek: Kenali Material Dan Jenis-Jenisnya!

Sebagai bahan pelindung dari cuaca panas atau air hujan, pemilihan atap bangunan perlu diperhitungkan secara matang. Atap seng spandek dapat menjadi salah satu bahan atap yang bisa anda masukkan ke dalam daftar bahan bangunan terbaik yang berkualitas. Jenis satu ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, sebab banyak hunian yang menggunakan jenis atap ini sebagai penutup rumah mereka. Bagi yang asing dengan atap tersebut, mari mengenal lebih lanjut melalui artikel kami berikut.

Mengenal Atap Seng Spandek

Sesuai namanya, atap ini mengandung 43,5% seng bercampur 1,5% silikon, dan aluminium sebanyak 55% yang menghasilkan atap kokoh tetapi ringan. Dari ketebalannya sendiri, atap spandek dapat anda temukan dalam ukuran mulai 3 meter hingga 6 meter, dengan ketebalan sekitar 0,25 mm dan 0,5 mm.

Dengan perpaduan ketiga bahan tersebut membuat atap lebih fleksibel, sehingga mudah disesuaikan berdasarkan desain atap rumah anda. Penutup rumah ini pun dibekali keunggulan lainnya, seperti tahan korosi, anti lapuk, mudah dipasang, serta pilihan warnanya yang cantik.

Jenis-jenisnya

Tahukah anda bahwa atap tersebut pun terbagi menjadi beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan rumah. Berikut di antaranya : 

  • Pasir

Jika anda khawatir suara berisik ketika turun hujan, maka pilihlah atap spandek jenis pasir yang umum dijadikan penutup atap rumah minimalis yang dipadu rangka baja ringan.

  • Zincalume

Sifatnya sederhana, atap zincalume paling banyak diterapkan pada aneka bangunan komersial atau sekadar dijadikan kanopi. Atap tersebut diproduksi dengan campuran silikon, zinc, dan aluminium.

  • Laminasi

Berlapiskan foil di bagian terluarnya, atap spandek laminasi memiliki keunggulan dari segi durabilitas, tahan benturan sehingga awet digunakan hingga puluhan tahun lamanya.

  • Transparan

Harganya cenderung murah dengan material plastik, atap spandek transparan paling cocok dipasangkan untuk area taman, ruang laundry, atau area lain yang ingin terekspos sinar matahari. 

  • Kliplok

Berasal dari bahasa Inggris yakni clip-lock atau eco-clip, jenis ini umumnya diaplikasikan pada dinding perumahan dan atap pabrik, perumahan, pergudangan, mall, hingga rumah sakit. Tipe kliplok ini dibekali teknologi pengunci serta pengikat, sehingga memberi hasil akhir atap yang tahan bocor dan mudah dipasang.

  • Warna

Tak berbeda jauh dengan tipe zincalume, namun tipe ini hanya memiliki perbedaan dari segi pilihan warna dan pelapisnya. Anda dapat menemukan atap berwarna merah, kuning, biru, atau hijau dengan campuran bahan pelapis sehingga tidak cepat pudar. Sesuai kualitasnya tentu saja atap spandek berwarna ini dijual dengan kisaran harga cukup mahal.

Kesimpulan

Atap seng spandek adalah satu dari sekian banyak varian atap rumah atau bangunan komersial yang berkualitas. Anda dapat menjumpai atap spandek aneka jenis dan warna yang mampu menambah nilai estetika bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *