Categories Genteng Rumah

Hal-hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Genteng Metal Berpasir

Apakah yang dimaksud dengan genteng metal berpasir? Genteng metal pasir adalah salah satu jenis genteng yang memiliki lapisan pasir di atas permukaannya. Hal inilah yang menjadi perbedaan mendasar antara genteng jenis ini dengan jenis lainnya. Bahan dasarnya sendiri terbuat dari metal pada umumnya, terutama jenis galvanum. Metal galvanum ini dilapisi dengan zinc dan aluminum yang menambah kekuatan sebelum diberi pasir di atasnya.

Mengapa permukaan genteng ditaburi pasir?

Mungkin Anda sedikit penasaran mengapa ada jenis genteng yang ditaburi pasir di permukaannya. Alasan utamanya adalah agar pasir yang ditambahkan dapat meredam suara serta panas. Sering kali, genteng metal justru membuat interior di dalam rumah menjadi gerah dan terasa lembap. Nah, salah satu kegunaan pasir ini untuk mengurangi efek panas yang secara alami ditimbulkan oleh metal saat terkena sinar matahari.

Peredaman suara juga sangat mungkin dilakukan oleh permukaan pasir pada saat ada benda yang jatuh di atas genteng. Dengan demikian, suara yang ditimbulkan menjadi sedikit berkurang dan tidak berisik.

Selain kedua fungsi di atas, adanya permukaan pasir memang membuat tampilan genteng menjadi lebih menarik. Permukaan pasir ini memberikan tambahan warna matte pada genteng. Bagi Anda penggemar warna-warna yang demikian, sekaligus jika Anda ingin menghindari kesan silau pada genteng yang glossy, genteng metal pasir merupakan pilihan yang tepat.

Apakah genteng metal berpasir tahan lama?

Salah satu hal yang sering kali ditanyakan oleh orang-orang terkait dengan genteng berpasir apakah jenis ini tahan lama? Secara umum, genteng berpasir memang cenderung lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis genteng lainnya. Hal ini karena lapisan pasir yang terbuat dari aluminium dan seng membuat genteng menjadi anti korosi. Selain itu, bahan metal secara umum memang anti rayap dan jamur.

Genteng lapis pasir juga lebih kuat dan tidak mudah pecah. Lapisan pasir membuat genteng tebal dengan tekstur yang kasar. Apabila terdapat guncangan dan genteng terjatuh, maka genteng akan tetap dalam kondisi utuh dan dapat dengan mudah dipasang kembali.

Apakah genteng metal berpasir mudah dipasang?

Genteng metal dengan pasir merupakan salah satu jenis genteng modern yang tersedia di pasaran. Genteng-genteng modern ini memang didesain sedemikian rupa agar pemasangannya relatif mudah dan cepat. Selain itu, genteng yang sudah dipasang juga tidak akan mudah lepas seperti yang biasa terjadi pada genteng tradisional.

Salah satu alasannya adalah karena terdapat pengait pada sisi-sisi genteng yang menempelkan satu genteng ke genteng lainnya dengan mudah. Pengait ini juga mengunci genteng satu sama lain agar selalu terpasang rapi. Tampilan genteng secara keseluruhan juga tampak lebih estetis. Nah, apakah Anda tertarik untuk menggunakan genteng metal berpasir untuk rumah Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *