Categories Baja Ringan

Kenali Perbedaan Besi dan Baja Ringan Terbaik Berikut

Meskipun sudah banyak digunakan, akan tetapi siapa yang menyangka jika ternyata masih banyak orang yang belum tahu perbedaan antara besi dan baja ringan terbaik. Apabila Anda di rumah termasuk salah satunya, maka tidak ada salahnya menyimak beberapa perbedaan dari besi dan baja ringan di artikel berikut.

Apa saja perbedaan antara besi dan baja ringan?

Perlu Anda tahu, bahwa baik besi dan baja ringan belakangan ini banyak digunakan dalam konstruksi dan pembangunan. Agar nantinya tidak salah dalam pemilihan, maka sebaiknya kenali dulu perbedaan dari keduanya berikut ini.

  1. Bahan material pembentuk

Perbedaan pertama dari besi dan baja ringan, bisa dilihat dari bahan material pembentuk. Dimana pada besi biasanya menggunakan bahan material murni dari alam yang dikenal dengan istilah Ferrum (Fe). Berbeda dengan baja ringan, yang mana menggunakan bahan material yang terbentuk dari campuran berbagai unsur seperti alumunium, zinc dan berbagai komponen lain.

  1. Kandungan kadar karbon yang dimiliki

Pada besi, biasanya memiliki kandungan kadar karbon yang mencapi 2% sampai dengan 4%. Hal ini jauh berbeda dengan kandungan kadar karbon yang dimiliki oleh baja ringan terbaik, yakni mencapai 0,16% sampai dengan 0,29%. Apabila unsur karbon semakin tinggi, dipastikan bahan material tersebut akan semakin keras. 

  1. Daya kekuatan

Daya kekuatan yang dimiliki oleh besi dan baja ringan tentunya jelas berbeda. Yang mana pada besi, biasanya memiliki daya kekuatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan baja ringan. Tentu saja ini merupakan hal yang wajar, dikarenakan besi umumnya memiliki kandungan karbon yang lebih tinggi yang menjadikan daya kekuatannya semakin besar.

  1. Tingkat ketahanan terhadap karat

Adapun perbedaan lain dari besi dan baja ringan, yakni dari tingkat ketahanan terhadap karat. Pada besi, biasanya lebih cepat berkarat karena bahan material ini dinilai lebih mudah teroksidasi. Jauh berbeda dengan baja ringan, yang mana memiliki unsur pembentuk yang dinilai lebih tahan terhadap karat.

Setelah melihat beberapa perbedaan dari besi dan baja ringan terbaik di atas, tentunya Anda sudah paham mengenai beberapa perbedaan dari kedua bahan material konstruksi bangunan tersebut, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *