Categories Alat Masak

4 Tips Jitu Membeli Deep Fryer Pertama Anda

Apakah Anda ingin merasakan lezatnya ayam goreng crispy ala restoran cepat saji? Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dengan resep Anda sendiri dan alat penggorengan khusus bernama gas deep fryer. Nah, bila Anda tertarik dengan alat penggorengan ini, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membelinya.

Kapasitas Penggorengan

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kapasitas area penggorengan. Hal ini berkaitan dengan tujuan Anda membeli deep fryer.

Bila Anda berencana untuk memakainya sebagai alat berjualan, maka membeli deep fryer dengan kapasitas besar adalah pilihan yang tepat. Tapi, untuk kebutuhan menggoreng di rumah atau penggunaan yang tidak terlalu sering, kapasitas kecil sudah cukup untuk Anda.

Material Deep Fryer

Bahan pembuat deep fryer juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Besi bisa dikatakan sebagai material terbaik karena kuat dan tahan lama. Tapi, deep fryer yang terbuat dari besi sangatlah berat dan tidak efisien untuk Anda yang sering memakainya dan memindahkannya.

Akan lebih baik bila Anda memilih deep fryer yang terbuat dari bahan stainless steel atau aluminium. Selain lebih ringan, bahan tersebut juga awet, tahan lama, dan anti karat. Ditambah lagi, bahan stainless steel dan aluminium juga mudah untuk dibersihkan.

Fitur dan Merek Deep Fryer

Selanjutnya, perhatikan fitur dan merek dari deep fryer tersebut. Untuk fitur, ada beberapa fitur yang harus ada dan akan sangat membantu Anda saat menggoreng, seperti:

  • Saringan penggorengan,
  • Lapisan anti lengket,
  • Termometer minyak goreng,
  • Filter,
  • Pembuangan minyak praktis,
  • Pengatur suhu,
  • Pengontrol digital.

Bila Anda juga menemukan banyak fitur lainnya yang dirasa membantu, jangan ragu untuk mencobanya. Pastikan fitur-fitur tersebut mendukung kebutuhan menggoreng Anda,.

Untuk merek, sebenarnya tidak terlalu berpengaruh dengan kualitas penggorengan. Tapi, untuk keamanan dan garansi produk, lebih baik Anda memakai deep fryer dari merek yang sudah terkenal.

Harga

Terakhir, pertimbangkan juga soal harga dari deep fryer tersebut. Pastikan harga dari produk ini pas dengan budget yang Anda miliki.

Tapi, jangan juga terpancing dengan harga murah yang ditawarkan penjualnya. Harga murah tapi bila produk yang ditawarkan kurang berkualitas tentunya tidak tepat untuk dibeli.

Harga harus sesuai dengan kualitas produk. Jadi, meskipun harga deep fryer tersebut sedikit agak mahal, tapi bila Anda mendapatkan produk dengan kualitas baik dan fitur lengkap, maka jangan ragu untuk membelinya.

Untuk gambaran, harga deep fryer dimulai dari harga di bawah 1 Juta Rupiah untuk produk berukuran kecil dan bertipe non-komersial. Hingga ada ada deep fryer dengan harga di atas 7 juta Rupiah untuk produk berkualitas dan biasa digunakan di restoran atau bisnis kuliner. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk membeli deep fryer?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *