Categories Genset

4 (Empat) Tips Memilih Genset Bali

Genset Bali menjadi kebutuhan yang penting terutama ketika terjadi pemadam pasokan arus listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara), agar acara dan berbagai kegiatan sehari-hari bisa berlangsung dengan lancar. Juga di lokasi di ruang terbuka secara outdoor. Perhatikan beberapa hal berikut ini saat akan membeli genset. Sehingga bisa genset yang tepat.

Hitung Total Kebutuhan Daya

Hitung keseluruhan daya yang diperlukan untuk tiap peralatan listrik yang ada pada suatu bangunan. Dalam hal ini seperti kulkas dan ac (air conditioner) juga komputer, laptop, printer, mesin fotokopi, mesin fax, lampu, pompa air, setrikaan, televisi, soundsystem, radio, hairdryer, rice cooker, dan lain sebagainya. Jangan sampai ada yang terlewatkan. Jumlahkan secara total dalam satuan hitung watt biasanya.

Aneka Kapasitas Genset

Daya genset bali dinyatakan dalam satuan hitung kVa (kilovolt ampere). Sehingga guna mengetahui padanannya dalam satuan hitung watt maka perlu dilakukan konversi terlebih dahulu.

Cara Konversi Daya Genset

Sebagai nilai acuan untuk konversi daya genset adalah untuk tiap 1 kVa adalah setara 800 Watt atau 0,8 kW. Sehingga jika total kebutuhan daya listrik untuk suatu bangunan adalah 400.000 watt maka kapasitas genset yang perlu dibeli adalah 400.000 W x 1 kVa/800 W = 500 kVa.

Tipe Genset

Sesudah diketahui kapasitas genset yang akan dibeli, maka langkah berikutnya adalah menentukan tipe genset yang akan dibeli. Bisa pilih genset open yang hemat dan lebih murah harganya atau genset silent yang tidak terlalu berisik kerjanya karena telah dilengkapi dengan cangkang atau rumah genset untuk meredam suara atau genset portable yang ukurannya lebih ringkas dan telah dilengkapi dengan cangkang atau rumah genset dan juga roda guna memudahkan pemindahannya. Juga dengan bahan bakarnya, bisa pilih genset berbahan bakar bensin atau genset berbahan bakar solar. Masing-masing jenis genset memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pilih genset bali dengan kapasitas yang paling mendekati dengan total kebutuhan dayanya. Jangan terlalu kecil namun juga jangan terlalu besar sehingga akan menjadi boros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *