Categories Mesin Kopi

Barista Harus Tahu! Berikut Fitur-Fitur Pada Traditional Espresso Machine

Mesin kopi espresso industri selama ini seolah-olah menjadi “tulang punggung” industri kopi, yang mampu memberi kualitas konsisten yang diperlukan di dalam lingkup komersial. Mesin-mesin tersebut hadir dalam berbagai bentuk, termasuk traditional espresso machine dan mesin bean-to-cup otomatis. Pada artikel ini, kita akan bahas fitur-fitur yang dimiliki kedua jenis mesin tersebut.

Fitur Traditional Espresso Machine

Mesin espresso tradisional, atau terkadang disebut juga mesin kopi espresso industri, merupakan commercial espresso machine yang memerlukan penggunaan barista untuk mengoperasikannya. Mesin espresso tradisional ini biasanya dilengkapi sistem pompa yang bertekanan tinggi. Sistem pompa tersebut memastikan suatu proses ekstraksi yang konsisten, sehingga menghasilkan espresso yang kaya rasa dan beraroma nikmat.

Fitur lainnya pada tradisional espresso machine adalah kontrol manual. Barista dapat menyesuaikan suhu air, laju aliran air, waktu ekstraksi, dan lain-lain. Selain itu, dilengkapi juga dengan steam wands, yang mana fitur ini penting sekali untuk membuat minuman seperti cappucino dan latte.

Mesin espresso industri dibuat dari bahan yang berkualitas dan mempunyai komponen yang cenderung tahan lama, serta desainnya juga kokoh. Mesin ini cocok untuk digunakan di kedai kopi yang sibuk.

Mesin Bean-To-Cup Otomatis

Mesin ini berbeda dengan mesin espresso traditional. Mesin ini mempunyai fitur penggiling internal, yang bisa menyesuaikan ukuran gilingan sesuai yang diinginkan. Salah satu fitur lainnya yang menonjol dari mesin Bean-To-Cup otomatis adalah kemudahan dalam penggunaannya.

Seringkali mesin ini dilengkapi dengan one-touch operation. Tak hanya itu, mesin Bean-To-Cup otomatis juga dirancang untuk dapat memenuhi permintaan yang tinggi, maka cocok untuk di hotel, kafe besar, kantor, dll.

Mesin ini memiliki kemampuan menyeduh kopi secara konsisten berstandar tinggi yang sama. Sehingga menjadikannya ideal untuk bisnis kopi yang membutuhkan rasa serta kualitas yang seragam dan harmonis di berbagai macam minuman kopi.

Baik itu jenis traditional espresso machine maupun mesin bean-to-cup otomatis, keduanya merupakan peralatan yang memiliki peranan penting di dunia produksi kopi. Anda dapat menyesuaikan mana jenis mesin kopi espresso yang anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *