Cara Merawat Convection Oven Yang Baik Dan Benar

Convection oven gas ini cukup mudah untuk dioperasikan dan melakukan perawatan. Walaupun nantinya ada beberapa perbedaan di dalam desain dan konstruksi serta jenis yang satu dengan lainnya. Fungsi di dalamnya umumnya akan sama, yaitu digunakan untuk memanggang. Serupa dengan alat yang lainnya, semakin baik merawatnya maka akan semakin mempunyai awet.

Pahami Secara Baik Tata Cara Pemakaiannya

Melakukan perawatan convection oven harus benar-benar memahami tata cara dalam mengoperasikannya. Pada setiap produsen akan melampirkan panduan manual baik dalam bentuk buku atau melalui website yang dimilikinya. Anda hanya harus sedikit meluangkan waktu membaca secara cermat sehingga paham dengan baik.

Produsen sebisa mungkin melakukan produksi dengan perawatan seminim mungkin. Biasanya dirancang dengan fitur supaya minyak, uap dan air tidak akan bersentuhan langsung dengan komponen yang lain dan menyebabkan material lainnya menempel. Bukan hanya itu, suku cadang yang di buat juga akan mudah untuk dilepas sehingga dapat di bersihkan terpisah dan pemasangan kembali secara mudah.

Melakukan Pembersihan Reguler

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan supaya microwave convection oven tetap terjaga dan kondisinya baik. Hal terpenting dengan mempertimbangkan keselamatan lebih dahulu, Anda bisa memulai dengan cara mematikan saklar di daya, mencabut kabel listriknya dan mematikan pemutus di bagian aliran listrik. Sedangkan, pada jenis gas katup ke sambungan gas harus dimatikan dan untuk sambungan ke listrik harus di putuskan.

Berikut ini adalah tata cara pembersihan yang dapat dilakukan sehari-hari dan juga paling umum:

-Membiarkan suhu oven dingin hingga ke suhu normal dan sejuk saat disentuh.

– Keluarkan loyang, rak, baki untuk tetesan lalu bersihkan.

– Bagian luar oven dapat di lap menggunakan sabun non abrasif yang sudah di campur dengan air, jangan lupa perhatikan di setiap bagian eksterior, baik itu pada bagian atas, depan hingga pintu dan lainnya.

– Jangan memakai semprotan yang bertekanan tinggi atau mesin pencuci dengan tekanan yang tinggi agar bisa membersihkan oven karena hal tersebut justru dapat merusak komponen maupun kontrolnya.

– cabut colokan dari aliran listrik baru dibersihkan dengan hari-hati dan lakukan pembilasan pada kipas beserta wadahnya. Periksa apakah nantinya kipas tersebut masih dalam keadaan bergerak tanpa ada hambatan.

– Bersihkan kotoran apa pun yang menempel di bagian oven tersebut. Supaya dapat menghilangkan kontaminan yang menempel, makan dapat memakai sikat yang berkepala nilon dan jangan memakai sikat kawat dan sabun pembersih yang kuat untuk oven listrik tersebut.

– Bersihkan bagian ventilasi udara.

Itulah, beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan perawatan pada convection oven di rumah agar nantinya lebih memiliki umur yang panjang. Setiap jenis oven memang akan memiliki perlakuan yang berbeda sehingga penting sekali untuk selalu jeli dan cermat saat akan membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *