Categories Kesehatan Gigi

Tahap Pemasangan Implan Gigi dan Risikonya, Yuk Cari Tahu!

Prosedur pemasangan dan harga implan gigi dapat menjadi pilihan terbaik untuk menggantikan gigi yang tanggal atau ompong. Dengan menggunakan prosedur inilah ternyata juga akan memberikan banyak keuntungan dibandingkan dengan pemasangan gigi palsu lepasan. 

Kendati demikian, Anda juga perlu berhati-hati dengan adanya risiko yang siap mengintai kapan saja. Dengan begitu, sangat penting agar memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk melakukan pemasangan implan tersebut. 

Tahap Pemasangan Implan Gigi 

Implan gigi merupakan sekrup dari titanium dimana akan ditanamkan pada rahang gigi dengan fungsi sebagai pengganti akar gigi yang sudah hilang. Tidak hanya berperan sebagai akar gigi buatan, tetapi implan juga berfungsi untuk menahan gigi palsu. 

Terdapat sejumlah tahap yang harus dilewati oleh para pasien dimana akan menjalankan prosedur satu ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah tahapan yang harus dilewati dalam proses pemasangan dan harga implan gigi tersebut:  

  1. Persiapan 

Tahap pertama adalah persiapan dimana bisa dimulai dengan berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai permasalahan yang dikeluarkan tersebut. Nantinya, seorang dokter gigi akan langsung melakukan pemeriksaan gigi secara menyeluruh guna memastikan kondisi gusi dan mulut sudah memenuhi syarat. 

Jika ternyata ditemukan masalah seperti penyakit gusi, maka pihak dokter akan memutuskan untuk mengobati terlebih dahulu. Tujuannya agar proses pemasangan nanti dapat berjalan dengan lancar. Jika semua sudah dianggap memenuhi persyaratan, maka Anda akan diminta menjalani CT Scan. 

  1. Proses Pemasangan Implan Gigi 

Setelah tahap  persiapan, maka tahap berikutnya adalah proses pemasangan implan gigi dimana dapat dimulai dengan menyuntikkan obat bius lokal, kemudian mencabut gigi. Setelah gigi berhasil tercabut, dokter akan melakukan pengeboran pada lokasi gusi dimana akan dipasang implan. 

Setelah proses implan dipasang, maka biasanya pasien akan merasa tidak nyaman pada area gusi dan wajah dimana menjadi membengkak. Untuk mengatasinya, dokter akan memberikan resep obat pereda nyeri sekaligus antibiotik. 

  1. Proses Penyembuhan 

Tahap selanjutnya adalah proses penyembuhan dan perawatan dimana memiliki peran yang cukup penting. Biasanya selama proses penyembuhan, Anda akan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan tekstur lembut dan menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik. 

Risiko Implan Gigi Yang Perlu Diketahui 

Seperti sudah kami singgung sebelumnya bahwa prosedur implan gigi ini juga mempunyai risiko dan potensi komplikasi juga. Adapun beberapa risiko dan kemungkinan komplikasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gangguan sinus 
  • Kerusakan saraf akibat rasa sakit sekaligus sensasi kesemutan pada gusi, bibir, dagu dan gigi 
  • Cedera di area implan gigi 
  • Adanya infeksi pada lokasi dari implan gigi. 

Keberadaan proses dan harga implan gigi menawarkan sejumlah kelebihan bagi para pasien tetapi jika ingin melakukannya, pastikan lakukan konsultasi dahulu. Dengan berkonsultasi pada dokter gigi, maka proses pemasangan implan gigi bisa berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *